Sabtu, 02 Januari 2016

Long Weekend


10 DANAU TERKEREN DI INDONESIA


Kamuiyakamu.com – Berbicara tentang danau terbesar di Indonesia, nantikan pula artikel mendatang mengenai danau terbesar di dunia.
Indonesia sebagai negara kepulauan terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang masih alami. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara akan bisa menyegarkan kembali pikirannya setelah stress bergelut dengan pekerjaan.

 Sungguh banyak destinasi wisata di Indonesia yang bisa dipilih, jika tujuannya untuk menyegarkan pikiran dengan menyaksikan pemandangan alam, maka berkunjung ke salah satu danau terbesar di Indonesia bisa menjadi ide yang mengasyikkan.
Berikut ini adalah beberapa danau terbesar di Indonesia (catatan : nomor urut 1-11 hanya dimaksudkan untuk memudahkan perincian, bukan menunjukkan peringkat) :
1. Danau Toba
danau terbesar di indonesia
Foto Danau Toba : Danau terbesar di Indonesia yang menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal dan mancanegara
Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia yang sudah sangat terkenal. Terletak di provinsi Sumatera Utara, danau berjenis vulkanik ini memiliki ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Luas permukaan danau adalah 1.130 km².
Hebatnya, selain menjadi danau terbesar di Indonesia, danau Toba juga adalah danau terdalam se-Asia Tenggara. Kedalamannya diperkirakan mencapai 529 m.
Danau Toba juga menjadi tujuan wisata di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Barastagi, dan Nias. Yang mana pengunjungnya adalah wisatawan yang berasal dari tanah air dan juga mancanegara.
2. Danau Towuti
Danau yang terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan jenis danau Tektonik. Memiliki luas permukaan 561.1 km² dan kedalaman maksimum 203 meter. Merupakan danau terbesar kedua di Indonesia dan terbesar di Sulawesi Selatan.
Kawasan Danau Towuti adalah bagian dari Taman Wisata Alam Danau Towuti, yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan, di bawah Departemen Kehutanan Republik Indonesia.
3. Danau Poso
Danau Poso terletak di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Bisa dikatakan bahwa Danau Poso ini adalah danau terbesar ketiga di Indonesia setela Danau Toba dan Danau Towuti, memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km.
Luas Danau Poso yang merupakan danau Tektonik ini adalah 323,2 km2 dengan kedalaman maksimum 450m.
Sekedar info tambahan bahwa Danau Poso ini adalah salah satu obyek wisata andalan Provinsi Sulawesi Tengah. Wisatawan akan menemui pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang sejuk. Belum lagi hamparan pasir putih yang berkilau dan lereng gunung dan hutan di sekitarnya. Terdapat pula berbagai fasilitas yang kamu butuhkan seperti hotel, home stay, dan rumah makan di lokasi sekitar.
4. Danau Sentarum
Pada tahun 1999, Danau Sentarum yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, provinsi Kalimantan Barat ini ditetapkan sebagai taman nasional. Luas keseluruhan kawasan Danau Sentarum 132.000 hektar ditambah dengan 64.000 hektar yang diusulkan sebagai daerah penyangga.
Apabila kamu berniat menikmati keindahan Danau Sentarum, maka bisa menyewa kapal milik nelayan atau penduduk sekitar. Tak hanya menikmati indahnya sunset kamu bahkan bisa sekaligus memancing di sana.
5. Danau Matano
Danau Matano ini termasuk jenis danau Tektonik yang terletak di ujung selatan pulau Sulawesi di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Luas permukaannya 164 km2 dengan kedalaman maksimum 590 meter. Sedangkan untuk kedalaman rata-ratanya 37 meter.
Danau Matano berstatus sebagai Taman Wisata Alam, maka danau ini adalah kawasan pelestarian alam yang terutama dimanfaatkan untuk tujuan pariwisata dan rekreasi alam.
6. Danau Jempang
Lokasi : Kabupaten Kutai Barat, provinsi Kalimantan Timur, Indonesia
Luas wilayah : 15.000 hektare (150 km2)
Kedalaman : 7-8 meter
Danau Jempang juga menjadi salah satu objek wisata andalan dari provinsi Kalimantan Timur.
7. Danau Paniai
Lokasi : Kabupaten Paniai, Papua
Luas permukaan : 145 km²
Kedalaman maksimum : 50 meter
Jenis danau : Tektonik
8. Danau Sentani
Lokasi : Papua Indonesia
Luas : 9.360 hektar
Jenis Danau : Vulkanik
Kedalaman rata rata : 24,5 meter
Danau Sentani dikenal sebagai danau terbesar di Papua dan sudah dikelola menjadi Objek wisata. Letaknya yang cuma 50 KM dari Jayapura akan mudah dijangkau oleh wisatawan. Dan di sekitar danau tersebut banyak terdapat perahu wisata bagi yang ingin berkeliling di danau Sentani.
9. Danau Rombebai
Lokasi : Papua, Indonesia
Jenis Danau : Floodplain
Danau Rombebai dikenal sebagai danau terbesar kedua di Papua setelah Danau Sentani.
10. Danau Tempe
Lokasi : Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan
Luas : 130 km2 (13.000 hektar)
Kedalaman Maksimum : 5m
Jenis Danau : Tektonik
Salah satu hal menarik yang dapat ditemui di danau ini adalah bahwa biasanya setiap tanggal 23 Agustus diadakan festival laut di Danau Tempe.
11. Danau Semayang
Lokasi : daerah aliran sungai Mahakam di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia
Luas : 130 km2 (13.000 hektar)
Kedalaman maksimum : 6m
jenis danau : Floodplain


itu tadi beberapa danau di indonesia yang bisa dijadikan untuk destinasi wisata, semoga bermanfaat :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar